www.eternamedica.com
Login
News
20 Januari 2014
BEKAS JERAWAT FILIPINA
Ada Jerawat, selalu timbul masalah baru,,Bekas jerawat.., Cari tau disini ya.., gimana kelanjutan dari Jerawat Filipin menuju Level Bekas Jerawat Filipin.., :D detail

20 Januari 2014
JERAWAT FILIPINA
WoooowwwWwww, Jerawat filipina, Jenis Jerawat baru ya..??? Jerawat Indonesia saja banyak, ada lagi jerawat Filipin..,hahaha yuk intip sedikit tentang Jerawat Filipin.!! detail

30 Oktober 2013
Usia Tepat Memulai sikat gigi.
Sejak kapan kita sebagai orang tua mulai memperkenalkan sikat gigi? detail

11 Oktober 2013
Kopi & Jerawat
Apakah kopi boleh diminum oleh penderita jerawat? Ternyata banyak temuan baru dibalik kelezatan minuman yang satu ini detail

» index berita

Perawatan Wajah Berminyak


3 Oktober 2013

Meskipun dulu mall tak sebanyak kini saya tak bosan-bosannya „melantai“ dari eskalator ke eskalator di mall yang sama. Apalagi di saat liburan panjang  dan sudah tak ada kuliah-kuliah lagi.  Incaran saya yang pertama adalah toko-toko yang di depannya berdiri berjejer-jejer wanita atau pria penjaja parfum yang suka main semprot parfum sampel.  Biar badan bisa harum tanpa beli parfum. Namun kadang-kadang mereka sudah hafal wajah saya dan bila saya datang menghampiri mereka malahan pergi menjauh. Tapi tak semuanya seperti itu. Ada yang masih kasihan melihat ada mahasiswa bau yang tak mampu beli parfum. Meskipun tak banyak semprotan tapi saya sudah cukup puas. Yang penting ada lebih banyak bau harum dari pada bau ketek. Waktu kuliah saya juga sudah berjerawat. Kadang saya „konsultasi“ dengan mereka cara-cara mengurangi minyak wajah saya yang berkilau-kilau. Anjuran saya terpaksa saya ikuti karena kuliah dosen saya tak ada yang isinya seperti kuliah mereka. Ternyata acara konsultasi ini masih berlangsung hingga kini.

Setelah cukup lama saya buka praktek ternyata cukup banyak pasien saya yang kurang memahami cara merawat kulit yang benar. Ilmu mereka kebanyakan diserap dari para wanita-wanita penjaja (Sales Promotion Girl) kosmetik atau dari teman dan keluarga. Amat jarang yang menimba pengetahuan ini dari sumber yang benar dan berkompeten. Celakanya ilmu yang ditularkan ini berdasarkan produk kosmetik yang ditawarkan. Bukan ilmu yang sejati kebenarannya. Maklumlah para SPG ini dituntut untuk menjual sebanyak mungkin. Bila mungkin seisi toko dalam sehari. Lebih celaka lagi bila si calon korban kalah cantik, kalah ilmu dan sedang frustasi dengan problem kulitnya. Apalagi problem jerawat tiada akhir. Penderita jerawat hampit 99% memiliki tipe kulit berminyak.

Risiko wajah berminyak adalah wajah penuh jerawat. Pemilik wajah berkulit kering boleh lega. Minyak yang berlebih memudahkan kumpulan kotoran dari sel-sel kulit mati dan debu lengket dan menyumbat saluran keluar kelenjar keringat. Sumbatan akan jadi komedo dan berakhir jadi jerawat.  Jadi kiat untuk mengendalikan minyak yang over ini amat penting dalam penanganan jerawat. Cara perawatan muka yang benar  amat penting selain memiliki obat jerawat yang paten. Perawatan wajah berminyak yang benar dan ajeg akan mencegah dan memperkecil peluang wajah diserbu jerawat.

Perawatan dasar kulit wajah terdiri atas empat basis. Pertama adalah cleanser, ke dua sabun, ke tiga toner dan terakhir adalah pelembab. Ada yang menambahkan sunblock untuk tipe kulit cerah milik bule-bule. Pemilihan dan pemakaian perawatan ini harus berdasarkan tipe kulit. Pembagian paling gampang tipe kulit ada tiga macam. Kering, berminyak dan kombinasi keduanya. Sabun harus dipakai oleh ketiga pemilik tipe kulit tadi. Namun tipe kulit kering biasanya memerlukan pelembab tapi tak memerlukan cleanser atau toner lagi agar kulit tak terlalu kering.

Sebaliknya tipe kulit berminyak mengharuskan pemakaian cleanser dan toner namun tak dianjurkan untuk memakai pelembab agar kulit tak semakin berminyak.  Pemilihan bahan pembawa (emulgator) juga amat penting. Ada dua macam emulgator yaitu yang terbuat dari minyak (Oil) dan air (Water). Produsen kosmetik bonafid biasanya mencantumkan kompisi ini sebagao O/W (Oil in Water) atau W/O (Water in Oil). Untuk kulit berminyak lebih cocok memakai yang O/W. Seandainya diperlukan tambahan pelembab atau sunblock carilah yang O/W tadi.

Pemilihan dan cara pakai yang benar akan mampu mengurangi minyak terlalu melimpah ruah di wajah. Sehingga risiko berjerawat amat rendah. Selain itu pemakaian handuk juga amat penting. Janganlah memakai  handuk badan untuk mengeringkan muka setelah disabuni. Karena handuk wajah kotor. Kecuali handuk itu dicuci tiap hari. Paling bagus pakailah handuk wajah yang bisa dicuci tiap hari. Rajin merawat wajah tiap waktu memerlukan tekad tersendiri. Ini yang sering menggagalkan keberhasilan penanganan jerawat. Perawatan wajah berminyak memerlukan ketekunan ekstra keras dibandingkan tipe kulit lainnya. Ketekunan datangnya hanya bisa dari kebiasaan. Tidak sedikit kegagalan penanganan jerawat datang dari tak adanya tekad dan kedisiplinan merawat wajah.

Setelah pemilihan dan cara yang benar, para pemilik wajah berminyak yang berjerawat tak bisa sembarangan memakai produk yang dijual bebas di supermarket, toko obat maupun apotek. Mereka tak dibekali ilmu untuk menangani wajah. Ilmu ini hanya disebarkan dan dimiliki oleh para dokter spesialis kulit. Karenanya wajarlah bila saya anjurkan untuk menemui dan memakai produk hasil racikan atau resep para dokter kulit. Ilmu penanganan jerawat di seluruh dunia hanya dimiliki para dokter kulit sejak jaman dahulu kala. Tak ada dokter spesialis lainnya yang mempelajarinya.

Satu lagi fenomena yang sering ditanyakan saya sebagai bagian dari komunitas dokter kulit adalah masalah ketergantungan. Para penderita jerawat ini takut bila tergantung terus-terusan harus memakai  resep atau racikan kami. Ada yang malah bilang takut overdosis. Kok seperti narkoba saja. Saya bisa mengerti dan memahami repotnya dan lumayan mahalnya perawatan kulit berminyak ekstra jerawat ini. Tapi inilah jalan satu-satunya untuk mengendalikan jumlah minyak dan mengobati jerawat. Bila mereka berhenti memakai perawatan ini adalah hal yang masuk akal bila jerawat muncul lagi. Karena dari minyaklah ada jerawat. Untuk menghapus arti negatif „ketergantungan“ ini sering saya memberi pengandaian tentang tukang potong rambut. Di jaman batu manusia sudah biasa berambut panjang. Setelah ditemukan pisau dan gunting kini mereka rajin potong rambut atau merapikan rambut ke salon tukang potong rambut. Apakah ini berarti manusia jadi „ketergantungan“ tukang potong rambut?

Segala sesuatu yang telah biasa dirawat dan menjadi bagus memerlukan perawatan. Bukan ketergantungan. Seperti memotong rambut, mandi, memotong kuku, keramas dan seterusnya. Sebaiknya kata ketergantungan diganti menjadi kata perawatan. Kapan berakhirnya perawatan ini? Bila minyak wajah tidak over lagi. Pada wanita pada saat mati haid (menopause) dan pada pria usia 45 tahunan (andropause).

Oleh. dr. Kris Adimoelja, SpKK



Baca juga
  » 20 Januari 2014
BEKAS JERAWAT FILIPINA
Ada Jerawat, selalu timbul masalah baru,,Bekas jerawat.., Cari tau disini ya.., gimana kelanjutan dari Jerawat Filipin menuju Level Bekas Jerawat Filipin.., :D

  » 20 Januari 2014
JERAWAT FILIPINA
WoooowwwWwww, Jerawat filipina, Jenis Jerawat baru ya..??? Jerawat Indonesia saja banyak, ada lagi jerawat Filipin..,hahaha yuk intip sedikit tentang Jerawat Filipin.!!

  » 30 Oktober 2013
Usia Tepat Memulai sikat gigi.
Sejak kapan kita sebagai orang tua mulai memperkenalkan sikat gigi?

  » 11 Oktober 2013
Kopi & Jerawat
Apakah kopi boleh diminum oleh penderita jerawat? Ternyata banyak temuan baru dibalik kelezatan minuman yang satu ini

  » 3 Oktober 2013
Jerawat saat Hamil
Tak sedikit ibu hamil menderita jerawat. Bagaimana caranya agar tampil cantik saat hamil dan setelah hamil? Bisakah jerawat diatasi saat hamil?

Search
Search:
Shopping Cart
shopping cart
Information
Others